Skip to main content.
Related sites:
More related sites: www.indonesia-icao.org
Navigation: Home | About Us | Disclaimer | Archive | Global Information | CNS Room | Contact Us

TIPS TERBANG SELAMAT, AMAN & SEHAT

"Fly Me To The Moon" sung by WESTLIFE

Sapaan dari Redaksi:

Gambar di atas adalah poster tips untuk Anda yang akan melakukan perjalanan nonstop long journey melalui udara. Anda sebagai penumpang pesawat dapat memiliki kondisi kesehatan seperti seorang atlet yang bugar dan sehat selama perjalanan. Tergambar di atas apa saja yang harus dikonsumsi oleh Anda sejak 3 hari sebelum keberangkatan sampai pada saat tiba di hari keberangkatan. Pada dasarnya disarankan jumlah asupan makanan yang sehat dengan protein dan karbohidrat yang cukup untuk mengatasi pengaruh "jet lag". Perbanyaklah minum air putih (mineral) dan kurangi minum kopi (minuman yang mengandung caffeine), serta stop minum alkohol, beberapa hari sebelum hari keberangkatan. Tidur yang baik dan cukup.

Sisipan baru telah kami tambahkan sehingga akan terus berkembang dan selalu up to date, antara lain link (tautan) ke halaman khusus web ICAO HQ perihal informasi terkini bila perjalanan udara Anda melewati wilayah udara negara-negara yang sedang bertikai (conflict zone). Ada 3 jenis serangan udara yang diinformasikan website tersebut yang berbahaya dan dapat mengganggu keselamatan perjalanan udara Anda.

Isi dalam artikel ini lainnya juga berisi tambahan tips, bagaimana caranya mengatasi bahaya penularan berbagai macam penyakit yang sedang berjangkit di tempat tujuan, khusus diperuntukkan bagi pejalan udara. Kami menyampaikan informasi tersebut yang disisipkan dalam satu paragraf khusus di butir ke-4 ini sebatas saran dalam menjaga kesehatan Anda selama dalam perjalanan. Menurut WHO (World Health Organization) virus Ebola mematikan dan tidak "berterbangan", namun bentuk penularannya hanya melalui kontak langsung dan ternyata bisa melalui sentuhan tangan yang berkeringat. Penularan lain virus Ebola dapat melalui, darah (transfusi), muntahan (vomit), makanan (bekas pengidap), urine dan tinja seseorang yang mengidap Ebola, bahkan virus Ebola dapat bertahan selama 82 hari di dalam cairan sperma yang berasal dari pengidap penyakit tersebut.

Apabila Anda harus melaksanakan perjalanan dengan mempergunakan pesawat baik untuk jarak dekat, sedang maupun nonstop jarak jauh ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui. Sebaiknya diawali dengan pengertian bahwa bandar udara di manapun di dunia memiliki karakteristik dalam aplikasi standar keselamatan bagi pesawat, petugas dan penumpang yang bersumber dari ketentuan internasional. Pengertian ini diperlukan dengan alasan tidak semua bandar udara baik domestik maupun internasional yang mempergunakan sarana penghubung langsung dari ruang tunggu untuk masuk ke kabin pesawat. Sarana yang populer disebut "belalai gajah" (aerobridge) atau jenis bis neoplane yang biasa dipergunakan untuk mengantar Anda menuju tempat pesawat yang akan tumpangi diparkir, masih belum tersedia di banyak bandar udara.

Terminal, sebutan populer lain bagi bandar udara merupakan area aktif bagi berbagai macam kegiatan seperti: pergerakan lalu lintas pesawat yang datang, pergi dan parkir; bongkar muat barang beserta kelengkapan fasilitasnya; pengisian bahanbakar pesawat dan pelayanan persiapan lainnya yang dilakukan sebelum pesawat lepas landas dan sesudah pesawat mendarat; menaikkan dan menurunkan Anda sebagai penumpang. Keadaan itu menjadikan tempat kegiatan yang biasa disebut sebutan apron, akan menjadi wilayah kegiatan yang sibuk lalu lintasnya apalagi pada jam-jam padat. Untuk itu sebaiknya Anda sebagai penumpang perlu untuk mengetahui dan taat akan ketentuan yang berlaku di sebuah bandar udara demi keselamatan Anda pada saat akan memasuki kabin pesawat atau keluar dari pesawat. INGAT : APRON ADALAH AREA SIBUK DAN BERBAHAYA. Jauhi baling-baling pesawat dan rotor helikopter yang sedang hidup mesinnya, dilarang merokok, keluar/masuk secara teratur hanya di jalan yang sudah ditentukan serta ketentuan lain yang berlaku. Sebagaimana disebutkan di atas, ketentuan yang diberlakukan tersebut berasal dari organisasi penerbangan sipil internasional yaitu ICAO. Untuk memperjelas, di bawah ini kami sajikan pesan keselamatan bagi Anda sebagai penumpang dari otoritas penerbangan sipil Selandia Baru (CAA of New Zealand)


Khusus bagi Anda yang akan melakukan perjalanan udara nonstop jarak jauh, tips tersaji di bawah ini merupakan kumpulan dari berbagai sumber yang dapat kami himpun untuk Anda, disertai dengan beberapa sisipan tambahan terbaru yang disesuaikan dengan kondisi perjalanan di bandar udara di seluruh dunia. Bila Anda dipilih sebagai "ketua" rombongan dalam sebuah grup atau bila Anda sendirian, perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih lengkap lagi dibandingkan dengan "anggota" rombongan. Hindari sikap "Anda merasa lebih mengetahui segala-galanya", dibandingkan dengan anggota yang lain, karena Anda lebih sering ke luar negeri dibandingkan dengan teman Anda. Untuk tips perjalanan udara melalui wilayah konflik demi keselamatan perjalanan udara Anda dapat dibaca di paragraf di bawah ini. Selamat membaca dan salam selamat bagi Anda dan keluarga. Insya Allah perjalanan Anda akan selamat dan nyaman.

Kami mengharapkan kontribusi Anda sebagai penumpang untuk turut membantu menjaga keselamatan penerbangan.

Sebagai penutup, kami mengharapkan kepada masyarakat semuanya, agar membaca semua isi portal ini dengan sejelas-jelasnya untuk mengurangi rasa takut dan keengganan dalam bepergian menggunakan pesawat terbang. ( fear of flying). Kami kutip, pernyataan resmi dari Kertas Kerja ICAO paragraf 3.1 ketika melakukan pertemuan dengan seluruh otoritas penerbangan sipil dunia, yang berkaitan dengan masalah keselamatan. Isi pernyataan ini masih berlaku hingga saat ini. Inilah kutipannya :

3.1 "Even though international civil aviation is a very safe mode of transportation, there are many challenges that need to be addressed in order to achieve a further reduction in the accident rate. Such a reduction in the accident rate is required to prevent the number of fatalities and accidents from rising as traffic increases, which could undermine public confidence in the safety of the global air transport system".

Pernyataan resmi tersebut memiliki makna bahwa: walaupun penerbangan internasional adalah jenis transportasi yang palng selamat, namun masih banyak tantangan yang perlu untuk diatasi dalam kaitannya dengan penekanan jumlah kecelakaan. Diperlukan pengurangan tingkat kecelakaan pada saat jumlah penerbangan meningkat, guna mencegah jumlah korban meninggal dan kecelakaan itu sendiri. Kecelakaan dan korban meninggal dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap keselamatan pada sistem transportasi udara global.

Selamat menikmati penerbangan yang selamat dan menyenangkan.

Flying isn't dangerous. Crashing is what's dangerous.

Sumber dari: Kertas Kerja ICAO, Civil Aviation Safety Alert dari TC, CATSA (The Canadian Air Transport Security Authority) dan British Airways.

Home